Kolesterol tinggi merupakan salah satu permasalahan kesehatan yang sering dialami, lalu apa saja bahaya akibat kolesterol tinggi ? berikut kami berikan informasinya untuk anda silahkan disimak.

bahaya akibat kolesterol tinggi

Bahaya Akibat Kolesterol Tinggi Dalam Darah

Kolesterol adalah zat lemak yang dihasilkan oleh hati, yang memiliki peran atau fungsi untuk membuat hormon, vitamin D, empedu, dan zat yang membantu untuk mencerna makanan.

Dengan begitu maka sebenarnya kolesterol zat lemak yang di butuhkan tubuh agar tetap sehat. Namun lain ceritanya jika kadar kolesterol dalam darah seseorang tinggi.

Hal tersebut dapat menimbulkan berbagai masalah jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama.

Kadar kolesterol tinggi adalah kondisi dimana dalam darah kita terkandung lebih banyak kolesterol dibanding yang kita butuhkan. Akibatnya sisa kolesterol yang tidak digunakan oleh tubuh akan menumpuk dalam pembuluh darah dalam tubuh kita.

Makanan yang dikonsumsi menjadi salah satu faktor penyebab tingginya kadar kolesterol dalam darah, karena hampir seperempat dari jumlah kolesterol yang dibutuhkan oleh tubuh berasal dari makanan yang kita konsumsi setiap hari.

Untuk itu sangat penting bagi kita menjaga asupan makanan jika tidak ingin memiliki kadar kolesterol tinggi karena itu berbahaya.

Salah satu cara untuk mengetahui jumlah kolesterol dalam tubuh kita adalah dengan melakukan tes darah. Jika ternyata jumlah kolesterol jahat dalam tubuh kita tinggi maka segera lakukan tindakan pengobatan agar dampak buruk akibat kolesterol tinggi bisa di hindari.

Lalu, apa saja akibat kolesterol tinggi bagi kesehatan ?

Akibat Kolesterol Tinggi Bagi Kesehatan

Secara garis besar ada 2 sistem tubuh yang dapat terganggu akibat tinggi kadar kolesterol tinggi dalam darah yakni : sistem sirkulasi atau peredaran darah dan sistem pencernaan.

Gangguan Sirkulasi Akibat Kolesterol Tinggi

Bahaya Akibat Kolesterol Tinggi
penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah

1). Penyakit Jantung Koroner ( PJK )

Bahaya akibat kolesterol tinggi paling utama adalah penyakit jantung koroner. Hal tersebut terjadi karena kadar kolesterol yang tinggi dalam darah mengakibatkan timbulnya plak yang menyebabkan pengerasan arteri (aterosklerosis).

Jika hal tersebut terus terjadi maka bisa menyebabkan arteri jantung menyempit dan terseumbat sehingga aliran darah menuju kejantung akan berkurang yang ditandai dengan timbulnya rasa nyeri pada dada atau bahkan terhenti yang menimbulkan serangan jantung.

2). Penyakit Stroke

Stroke adalah kondisi dimana pasukan darah menuju ke otak terhambat ( stroke ringan ) atau bahkan terhenti akibat pecahnya pembuluh darah.

Penyebab terhambatnya pasokan okisigen yang dibawa oleh darah atau pecahnya pembuluh darah adalah karena pembuluh darah yang ada di otak mengalami penyempitan atau penyumbatan karena plak yang terbentuk karena tingginya kadar kolesterol dalam darah.

Dengan demikian maka seseorang yang memiliki kolesterol tinggi dalam darah memiliki resiko tinggi terkena penyakit stroke yang dapat menyebabkan kelumpuhan.

3). Penyakit Pembuluh Darah Pelifer ( PAD )

Penyakit pembuluh darah pelider adalah penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah di luar pembuluh darah arteri pada jantung dan otak seperti pembuluh darah pada kaki.

Mekanismenya hampir sama seperti diatas yakni penumpukan lemak di sepanjang dinding arteri dan mempengaruhi sirkulasi darah.

4). Tekanan Darah Tinggi

Kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi memiliki hubungan erat, karena Ketika arteri menjadi mengeras dan menyempit dengan plak kolesterol dan kalsium (aterosklerosis), jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah melalui pembuluh darah tersebut. Akibatnya, tekanan darah menjadi tinggi yang tidak normal.

5). Disfunsi Ereksi

Kolesterol tinggi dalam darah juga bisa mempengaruhi kemampuan seksual penderitanya salah satunya adalah dapat menyebabkan disfungsi ereksi. Hal tersebut muncul karena Pembuluh darah di p*n*s lebih kecil daripada di bagian lain dari tubuh,

Nah itulah beberapa gangguan pada sistem sirkulasi yang dapat terjadi pada tubuh akibat kolesterol tinggi.

Gangguan Sistem Pencernaan Akibat Kolesterol Tinggi

Salah satu akibat kolesterol tinggi yang kemungkinan besar terjadi pada sistem pencernaan adalah munculnya batu empedu. Karena faktanya hampir 80% batu empedu adalah batu kolesterol.

Selain batu empedu bahaya akibat kolesterol tinggi pada sistem pencernaan adalah kerusakan ginjal dan lambung sebagai akibat dari terblokirnya aliran darah kedua organ tersebut.

Kolesterol yang tinggi juga bisa menyebabkan Sindrom iskemik usus yang ditandai dengan sakit perut, mual, muntah dan tinja berdarah.

Nah itulah beberapa bahaya akibat kolesterol tinggi dalam darah yang bisa saja terjadi. Mengingat kolesterol tinggi bisa menyebabakan timbunya penyakit berbahaya yang mengancam jiwa seperti jantung koroner dan stroke, maka sangat penting bagi kita untuk mencegah dan mengobati penyakit kolesterol tinggi jika mengalaminya.

Salah satu cara mencegah agar terhindari dari bahaya penyakit kolesterol tinggi maka kita bisa melakukan cek kadar kolesterol secara rutin serta mengetahui dan mencari tahu akan gejala atau ciri kolesterol tinggi.

Baca Ini : Ciri Atau Gejala Orang Yang Memiliki Kolesterol Tinggi

Demikianlah informasi tentang bahaya akibat kolesterol tinggi ini semoga bermanfat dan bsa dipahami serta menambah pengetahuan sekaligus menjawab rasa ingin tahu anda. Terima kasih banyak sudah menyimak artikel sederhana kami dan Salam sehat !

Jangan lupa di share atau bagikan yah !

sumber : http://mediskus.com/

Bahaya Akibat Kolesterol Tinggi Dalam Darah Pada Tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *